Wednesday, November 11, 2015

Gunpla yang Bukan Hanya Sekedar Mainan dan Hobi

Jika sebelumnya saya sudah membahas hobi jika ingin dijadikan peluang usaha, maka kali ini saya akan berbagi tentang beberapa hobi saya yang akan saya bahas dalam beberapa artikel. Hobi saya yang pertama adalah kolektor mainan, lebih tepatnya kolektor Gundam Plastic Model, atau yang lebih sering dikenal dengan istilah gunpla atau plamo.

Mungkin bagi para kaum pria yang menyukai anime pasti tidak asing dengan anime Gundam dan tentunya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Ya, anime yang sudah ada sejak tahun 1979 ini adalah sebuah animasi tentang robot (atau yang biasa disebut Mobile Suit/MS di animenya) yang dikendalikan oleh manusia di dalamnya (yang biasa disebut pilot di anime ini). Cerita Gundam berkisar pada peperangan, konflik politik dan sebagainya. Dan bagi para penggemar gundam, rasanya tidak sah bila belum mengoleksi gunpla.

Gunpla adalah replika dari berbagai robot yang muncul di seluruh anime Gundam, dan tersedia 4 macam ukuran pada gunpla. Berbeda dengan action figure yang sudah dalam bentuk jadi, gunpla mengharuskan anda untuk merakitnya terlebih dahulu sebelum anda bisa bermain – main dengannya, disinilah letak keseruannya.

Seperti yang tadi saya sebutkan, gunpla dibagi atas 4 macam ukuran. Ada skala SD (Super Deformed) yang merupakan skala paling kecil pada gunpla, dengan tinggi hanya sekitar 8 cm. Bagian kepalanya yang besar serta tangan dan kakinya yang pendek memberikan kelucuan tersendiri pada model ini. Kekurangan dari model ini adalah kurangnya detail pada pewarnaan dan artikulasinya, namun dari modelnya yang unik mungkin kekurangan itu akan sedikit tertutupi.

Skala yang kedua adalah skala 1/144, yang memiliki bentuk mirip seperti gundam pada animenya. Pada skala ini terbagi atas 3 lini, yaitu First Grade (FG), High Grade (HG), dan Real Grade (RG). Ketiganya memiliki tinggi yang sama, yaitu sekitar 13 cm, yang membedakan hanyalah tingkat kedetailan dari masing – masing lini. Pada lini FG, yang dibuat lebih untuk pemula, artikulasi dan detailnya mungkin agak mengecewakan bagi anda yang ingin membuat berbagai pose dengan gunpla anda, karena artikulasinya sangat terbatas, dan untuk detailnya masih memerlukan pengecatan tambahan. Kemudian pada lini HG, tingkat artikulasi dan detail warna yang disediakan jauh lebih baik, untuk perakitannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Lini ini terasa sudah cukup bagi anda yang ingin membuat banyak pose seperti pada animenya. Dan yang terakhir menurut saya adalah primadona pada lini 1/144. Ya, kehadiran lini RG yang terhitung baru, menjadikan gunpla semakin menarik untuk dikoleksi. Detail pewaranaan yang sangat baik dan artikulasi yang luas, membuat anda akan merasa puas untuk memilikinya. Namun, karena tingkat perakitannya yang cukup rumit, mungkin bagi anda yang pemula harus sedikit berhati – hati saat mengerjakannya.

Beralih ke skala berikutnya, yaitu skala 1/100, yang memiliki tinggi sekitar 18 cm. Pada skala ini tersedia dua lini, yaitu Master Grade (MG) dan Non Grade. Pada lini MG tingkat detail warna dan artikulasinya juga sangat baik, sama seperti lini RG, hanya saja dalam skala yang lebih besar. Kendala bagi anda yang ingin mengoleksi lini MG mungkin hanya dari pengerjaannya yang cukup rumit dan memakan waktu agak lama. Pada lini Non Grade, tingkat kedetailannya agak sedikit menurun, mirip seperti HG namun dalam skala yang lebih besar. Disebut Non Grade karena Bandai (selaku produsen resmi dari gunpla) tidak pernah menyebut secara khusus untuk lini ini. Namun baru – baru ini telah dibuat lini baru dari skala 1/100 yang disebut Reborn-One-Hundred atau yang biasa disebut RE/100.

Skala yang terakhir adalah 1/60, yang memiliki tinggi sekitar 30 cm. Hanya ada satu lini pada skala ini, yaitu Perfect Grade (PG). Pada lini ini merupakan yang paling detail dari semua lini yang ada. Namun, pengerjaannya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Sebenarnya ada satu skala lagi, yaitu 1/48 yang biasa disebut Mega Size, dengan tinggi sekitar 35 cm. Namun sepertinya lini ini kurang favorit, karena tingkat kedetailannya hampir sama dengan lini HG.

Mengoleksi gunpla memang menyenangkan bagi para penggemar Gundam, namun perlu diingat bahwa mengoleksinya juga membutuhkan uang yang banyak, karena harganya tidak murah. Untuk HG saja harganya berkisar 200-300 ribu rupiah. Untuk MG sekitar 450 ribu – 1 juta rupiah, dan untuk PG sudah pasti kisarannya diatas 1 juta rupiah. Bila menyambungkan dengan artikel sebelumnya, gunpla bisa menjadi kesempatan bisnis bagi anda. Dengan menjual gunpla, anda bisa mendapatkan tambahan pemasukan, dan tentu akan terasa lebih menyenangkan bila bisnis sejalan dengan hobi. Silakan baca artikel sebelumnya jika anda ingin memulai bisnis dari hobi anda.

Nah bagi anda yang mau memulai mengoleksi gunpla, silakan mulai menabung dari sekarang, tentunya dengan tidak mengesampingkan kebutuhan utama anda. Hobi haruslah menyenangkan dan jangan sampai segalanya terabaikan karena hobi.

No comments:

Post a Comment