Sunday, November 8, 2015

Hobi, Antara Kepuasan atau Penghasilan

Hobi adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan di zaman modern sekarang ini. Setiap orang mempunyai hobinya masing - masing, dan mempunyai tujuan masing - masing pula. Ada yang hanya sekedar untuk kepuasan belaka, atau ada pula yang menggunakan hobi sebagai sarana untuk menambah pendapatan, atau malah ada juga yang menjadikan hobi sebagai pendapatan utamanya.
Namun, tidak semua orang menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan, karena dibutuhkannya modal yang cukup besar bila ingin menekuninya dengan lebih serius. Misalnya saja hobi fotografi, videografi, memancing, golf yang membutuhkan dana besar untuk membeli peralatan yang dibutuhkan untuk memulai hobi sebagai karir profesionalnya.
Ada beberapa cara untuk menyiasati dana yang dibutuhkan, misal dengan cara memulai usaha bersama teman, tentu akan sangat menyenangkan bila memulai usaha yang berawal dari hobi dengan teman yang sudah anda kenal baik, anda pun bisa membagi modal yang dibutuhkan, semakin banyak orang semakin sedikit pula modal yang anda keluarkan. Namun cara ini kurang efektif bila rekanan anda adalah orang yang baru anda kenal, karena akan sangat beresiko. Semakin banyak orang pula akan semakin banyak perbedaan pendapat, resiko perpecahan pun akan semakin besar. Maka anda perlu hati - hati dalam memilih rekanan untuk memulai usaha dari hobi ini.
Cara yang kedua adalah mengumpulkan modal terlebih dahulu dengan bekerja kantoran, cara ini mungkin cukup aman, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena anda masih harus membagi pendapatan yang ada untuk tranportasi, makan, dan juga untuk tabungan anda.
Cara yang ketiga adalah dengan mengikuti kompetisi - kompetisi kecil sesuai dengan bidang hobi anda. Anda bisa menggunakan uang hadiahnya sebagai modal tambahan, kalaupun tidak menang, anda mendapatkan bekal ilmu tambahan untuk kompetisi berikutnya, sehingga kesempatan untuk menang semakin besar.
Ini hanya beberapa contoh saja bagi anda yang ingin menekuni hobi anda lebih serius dan mempertimbangkannya untuk menjadikannya sebagai sumber pendapatan tambahan atau bahkan yang utama. Silakan anda pilih cara yang menurut anda paling cocok dengan sifat anda, karena hobi adalah sesuatu yang menyenangkan, yang dapat memberikan hiburan atas kepenatan kita. Jangan sampai ketika anda memutuskan untuk memulai usaha ini membuat anda menjadi kesal atau benci dengan hobi anda dikarenakan adanya faktor - faktor eksternal yang seharusnya dapat dihindari.
Tetap semangat menekuni hobi anda semua, jangan sampai hal - hal kecil menghambat anda untuk menjalani hobi yang menyenangkan, apapun bidangnya. Pilihan ada pada anda untuk menjadikan hobi hanya sebagai kepuasan atau pengasilan.

No comments:

Post a Comment